Jenis Jenis Bunga Mawar Terpopuler di Dunia

0
jenis jenis jenis bunga mawar terpopuler

Jenis jenis jenis bunga mawar terpopuler, DuaSimpul – Semua orang tentu kenal dengan keindahan bunga mawar, selain warnanya yang menarik, bentuknya unik, aromanya pun punya daya tarik tersendiri. Mawar biasa dipakai sebagai tanaman hias dan juga bunga potong. Untuk penggunaan skala industri, biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar parfum dan minyak esensial.

Tanaman yang berasal dari genus rosa ini memiliki lebih dari 100 spesies di seluruh dunia. Umumnya tanaman tumbuh antara 2 hingga 5 meter, namun spesies tertentu dapat hidup hingga mencapai tinggi 20 meter. Bunga mawar memiliki warna yang beragam, diantaranya putih, merah, merah muda, biru serta kuning. Ada juga mawar yang merupakan campuran dari beberapa jenis tersebut.

Habitat utama mawar berasal dari bagian bumi utara yang memiliki iklim sedang dan dingin. Namun ada beberapa jenis yang berasal dari tropis dan sub tropis, baik itu asli dari keturunan spesiesnya maupun dari hasil pengembangan oleh manusia.

Kelompok Bunga Mawar

Berdasarkan kelompok utamanya, mawar di bagi menjadi beberapa kategori: diantaranya:

Old garden roses: seperti namanya, jenis mawar ini merupakan mawar paling tua yang di budidayakan manusia, hasil seleksi dari mawar liar. Beberapa jenisnya meliputi mawar alba, china, hybrid perpertual, bourbon, tea, gallica, damask, moss, centifula, portland serta mysterious roses. Beberapa jenis mawar ini merupakan turunan campuran dari beberapa spesies.

Modern garden roses: merupakan jenis mawar yang paling banyak di budidayakan saat ini sebagai tanaman hias maupun sebagai kebutuhan industri. Modern garden roses memiliki 2 jenis, diantaranya ada:

  • Hybrid tea: disebut juga sebagai mawar hibrida. Biasa ditanam untuk diambil bunganya sebagai bunga potong, karena dalam 1 batangnya tidak hanya tumbuh 1 bunga, namun bisa hingga 6 bunga sekaligus.
  • Floribunda: bila hybrid tea mampu berbunga hingga 6 dalam 1 batangnya, floribunda dapat berbunga hingga 10 bunga dalam 1 batangnya. Namun ukuran bunganya lebih kecil karena begitu rimbun. Warna bunga lebih mencolok sehingga cocok ditanam sebagai tanaman hias untuk taman maupun pekarangan rumah.

Climbing roses: orang luar sering menyebutnya sebagai climber roses atau mawar pemanjat. Ini karena mawar jenis ini suka merambat di dahan kayu, pagar rumah ataupun bangunan tertentu. Bunga jenis ini meliputi: climbing boubon, laevigata, climbing china, boursault, nousette, climbing tea, ayrshire dan sempervirens.

Shrub roses: merupakan mawar semak semi memanjat yang juga suka merambat pada pagar atau kanopi seperti climbing roses. Bunganya memiliki ukuran lebih kecil, daya tahan mekarnya juga lebih lama.

English roses: merupakan mawar hibrida dari jenis mawar old garden dan modern garden. English roses memiliki kemampuan berbunga berulang kali, dan bunganya juga sangat harum. Biasa dimanfaatkan untuk parfum maupun sebagai bunga tabur.

Jenis Jenis Bunga Mawar Terpopuler

jenis jenis jenis bunga mawar terpopuler

Alasan kenapa bunga jenis ini dipilih banyak orang adalah karena bentuknya yang sangat bagus, warnanya indah, daya tahan hama penyakit bagus, dan tentunya mudah ditanam. Berikut ini beberapa jenis jenis jenis bunga mawar terpopuler:

1. Double delight

Bunga ini merupakan hasil gabungan dari kesempurnaan keindahan dan aroma. Sehingga bisa dikatakan sebagai mawar terindah dan paling menakjubkan di dunia. Tanaman ini memiliki warna merah mencolok dengan bagian dalamnya berwarna putih / krem. Memiliki kelopak mahkota bunga yang cukup besar membuatnya cocok ditanam sebagai tanaman hias untuk pengisi taman.

Double delight mampu mencapai ketinggian 1,5 meter. Memiliki cabang yang cukup banyak, sehingga pemangkasan perlu dilakukan secara rutin. Bunga ini membutuhkan sinar matahari penuh, bila tidak maka ukuran dan warna bunga tidak akan muncul sesuai dengan yang diharapkan.

  • Kelompok bunga: hybrid tea
  • Jenis bunga: double
  • Perawatan tanaman: membutuhkan sinar matahari penuh dan pengairan sedang

2. Black baccara

Black baccara tidak semua kelopak bunganya berwarna hitam. Pada bagian atasnya memiliki warna merah tua yang menyatu indah secara keseluruhan. Bunga ini cukup langka ditemui dipasaran dan memiliki harga jugal yang mahal.

Ukuran bunganya cukup besar hingga 4 inch dengan jumlah mahkota daun mencapai 45 tiap bunganya. Black baccara sangat cocok untuk taman yang luas dengan penyinaran penuh serta pada lahan dengan drainase yang bagus.

  • Kelompok bunga: hybrid tea
  • Warna bunga: hitam kemerahan
  • Perawatan tanaman: membutuhkan sinar matahari penuh dan pengairan yang cukup

3. Gold Medal

Bunga satu ini memiliki ukuran yang besar dengan warna keemasan pekat. Dalam 1 bunganya, gold medal dapat menghasilkan hingga 40 kelopak bunga. Tinggi tanaman dapat mencapai 35 inch. Aroma yang dihasilkan pun cukup kuat sehingga cocok ditanam sebagai tanaman hias maupun bunga potong.

  • Kelompok bunga: hybrid tea
  • Jenis bunga: double
  • Warna bunga: keemasan tua
  • Perawatan tanaman: membutuhkan sinar matahari penuh dan penyiraman yang cukup banyak

4. Rapshody in Blue

Tanaman yang dapat mencapai ketinggian 1,2 meter ini termasuk bunga semi ganda dengan warna biru keunguan yang indah. Rapshody in Blue cocok ditanam di daerah dengan penyinaran yang secukupnya, kurang cocok pada suhu terlalu panas. Dengan karakteristik bunga yang unik dan warnanya yang sangat memukau, Rapshody in Blue lebih pas untuk bunga potong dan rangkaian bunga.

  • Kelompok bunga: shrub
  • Jenis bunga: semi ganda
  • Warna bunga: ungu muda hingga ungu kebiruan
  • Perawatan tanaman: penyinaran dan pengairan secukupnya

5. Red Eden

Bagi para pecinta bunga, pasti sudah kenal dengan naman red yang begitu populer ini. Tanaman yang tergolong memanjat ini sangat menyukai pagar-pagar rumah, penyinaran pun harus full seharian.

Red eden memiliki aroma wangi ringan klasik, dan dikenal sebagai salah satu mawar dengan aroma terbaik di dunia. Selain itu, ukuran bunganya yang cukup besar hingga 5 inch dengan kelopak bunga yang cukup banyak hingga 110 kelopak, membuatnya cocok untuk diolah menjadi minyak wangi.

  • Kelompok bunga: climbing roses
  • Jenis bunga: full double
  • Warna bunga: merah mencolok
  • Perawatan tanaman: penyinaran penuh, pengairan secukupnya dan pemangkasan rutin

6. Winchester cathedral

Berbeda dengan semua jenis di atas, mawar ini merupakan mawar inggris (english roses) yang merupakan hasil hibrida dari mawar lama dan modern. Mawar jenis ini memiliki daya tahan hama penyakit yang bagus, serta daya adaptasi pada suhu sangat dingin hingga panas. Winchester Cathedral memiliki aroma yang lembut tapi kuat, aroma agak mirip kombinasi madu dan almond yang bercampur.

Tanaman ini dapat tumbuh dalam waktu yang sangat lama, yakni hingga di atas 5 tahun asalkan perawatan bagus. Kebutuhan penyinaran dan pengairan tidak terlalu banyak. Sehingga bunga jenis ini termasuk bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah.

  • Kelompok bunga: english roses
  • Jenis bunga: full double
  • Warna bunga: putih
  • Perawatan tanaman: membutuhkan penyinaran dan pengairan sedang

Itulah beberapa jenis jenis jenis bunga mawar terpopuler yang ada di dunia. Kalian dapat menanam salah satu dari jenis mawar di atas. Terutama yang memiliki perawatan mudah dan ketahanan terhadap hama penyakit yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here