7 Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

0
jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah

Jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah, DuaSimpul – Punya pekarangan rumah namun tidak diisi dengan berbagai jenis tanaman tentu akan terasa monoton. Untuk menghadirkan kesan indah, asri dan hidup, kalian dapat mengisinya dengan berbagai tanaman, salah satunya adalah bunga. Penanaman berbagai jenis bunga yang menghiasi pekarangan rumah tentu akan membuat indah dipandang mata.

Tidak perlu di buat taman yang begitu detail, cukup menata pekarangan dengan rapi serta diisi dengan jenis bunga yang cocok, jadilah pekarangan yang indah. Nah bila kalian bingung mau mengisi pekarangan rumah dengan bunga apa, berikut kami sajikan beberapa informasi yang dapat dijadikan referensi untuk kalian.

Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Tidak semua jenis tanaman hias cocok untuk pekarangan rumah kita, berikut ini beberapa jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah yang dapat kalian coba.

1. Mawar

7 Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Perlu kalian tahu, bahwa mawar yang dalam bahasa latin disebut Rosa canina memiliki lebih dari 100 spesies. Masing-masing memiliki karakter dan warna yang berbeda-beda. Dengan ini kalian dapat membuat pekarangan rumah tampak berwarna warni bila menggabungkan berbagai jenis.

Ada beberapa jenis mawar yang biasa ditanam diantaranya adalah:

  • Old garden roses
  • Modern garden roses
  • Wild roses
  • Buck roses
  • Climbing roses
  • English roses
  • Miniature roses
  • Shrub roses

Berbagai spesies biasanya berbeda-beda tergantung dar daerahi asalnya. Secara garis besar, spesies mawar dikelompokan menjadi 5 yakni spesies tiongkok, spesies jepang, spesies eropa, spesies amerika serikat, dan spesies timur tengah.

Dalam pembudidayaannya, mawar tergolong mudah dalam perawatannya. Tanaman pun mudah dikembangkan dengan cara stek. Memang mawar memiliki biji sebagai alat perkembang biakan secara generatif. Akan tetapi tingkat perkecambahannya sangat kecil, selain itu butuh waktu yang sangat lama. Sehingga perkembang biakan secara stek merupakan pilihan utama.

2. Anggrek

7 Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias cocok untuk pekarangan rumah dengan pekarangan yang sangat minim. Ini karena anggrek dapat ditempatkan di pepohonan ataupun di pot kecil dengan media tanam dari arang maupun akar pakis.

Tanaman dari suku Orchidaceae ini juga memiliki banyak sekali jenis seperti halnya mawar. Tidak semua jenis anggrek dapat digunakan sebagai tanaman hias. Berikut bebeberapa jenis anggrek hias yang populer di dunia:

  • Dendrobium, merupakan jenis anggrek yang sangat populer. Tanaman mudah sekali dibudidayakan dan pertumbuhannya pun cepat.
  • Grammatophylum, jenis anggrek yang cukup langka, biasa ditemukan di hutan rimba. Disebut juga sebagai anggrek Papua raksasa
  • Oncidium, adalah jenis anggrek yang cukup populer. Bentuk bunga yang menarik membuat banyak di budidayakan. Contohnya adalah anggrek golden shower.
  • Phalaenopsis, jenis anggrek yang tak kalah populer dengan jenis dendrobium. Anggrek bulan masuk ke dalam jenis anggrek ini.
  • Spathyphyllum, disebut juga sebagai anggrek tanah. Mudah dibudidayakan namun membutuhkan lingkungan yang mendukung.
  • Vanda, merupakan jenis anggrek yang biasa dimanfaatkan sebagai bunga potong. Memiliki harga jual yang cukup mahal.
  • Cattleya, memiliki bentuk bunga besar serta formasi bunga yang spektakuler. Jarang sekali ada yang menanamnya, karena bisa dikatakan sangat sulit dibudidayakan.

Dalam memilih jenis anggrek, kalian juga perlu memperhatikan tempat tumbuhnya. Karena anggrek memiliki 4 jenis tempat tumbuh, yakni pohon inang, tanah, humus / dedaunan kering serta di bebatuan keras. Sesuaikan dengan lokasi pekarangan rumah kalian yang mana yang lebih cocok.

3. Teratai

jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah

Pekarangan rumah kalian memiliki taman dengan kolam mini?. Ini akan sangat cocok apabila dipadukan dengan bunga teratai. Selain dapat dinikmati keindahan bunganya, daun bunga teratai pun sangat memiliki daya tarik tersendiri.

Teratai (Water Lily) yang dalam bahasa latin disebut Nymphaea sangat tumbuh dengan baik pada air dengan permukaan yang tenang. Tanaman dari suku Nymphaeaceae ini diperkirakan memiliki sektiar 50 spesies yang berbeda. Yang paling sering ditanam adalah teratai bunga putih dan merah / pink. Untuk bunga biru memang sangat indah, namun sangat sulit didapatkan.

Bunga teratai tidak memerlukan perawatan khusus. Bahkan di kolam keruh berlumpur pun tetap dapat tumbuh dengan baik. Karena bunga teratai ini berasal dari daerah panas yakni Mesir, maka dalam pertumbuhannya membutuhkan sinar matahari yang cukup. Kecuali untuk jenis bunga teratai sub tropis yang dapat ditanam pada tempat yang teduh.

4. Tabebuya

tabebuya

Untuk pekarangan dengan ukuran yang luas, agar tidak kosong dapat ditanami jenis bunga pohon. Yaitu pohon yang mampu berbunga dengan indah, salah satu pilihan terbaiknya adalah bunga tabebuya.

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) yang di negara kita sering disebut sebagai pohon terompet emas memiliki jenis yang beragam. Ada yang berbunga kuning, merah muda seperti sakura, merah, putih, magenta, dan jingga. Bunga akan bermekaran tiap tahun pada pertengahan musim hujan dan rontok saat mulai pergantian musim.

Tanaman ini tergolong pohon besar karena mampu tumbuh dengan ketinggian 8 meter. Jadi bila pekarangan rumah sempit, tabebuya kurang cocok untuk ditanam. Kecuali bila rajin dirawat seperti dipangkas, sehingga tanaman tidak tumbuh berlebihan.

5. Kemboja

bunga yang cocok ditanam di pekarangan

Siapa yang tidak kenal bunga ini?. Bunga kemboja, ada yang menyebutnya sebagai kamboja dan semboja merupakan tanaman asal Amerika tengah. Di Indonesia sendiri, bunga ini sangat populer di daerah Bali, karena memilii fungsi yang krusial sebagai bagian dari kebudayaan. Bunga ini pun sering ditanam di tempat teduh seperti pemakaman karena mudah sekali tumbuh.

Kemboja memiliki bunga dengan warna putih campur kuning dengan jumlah 5 helai namun kadang ada yang 4 atau 6 helai, tapi sangat jarang. Di kepercayaan masyarakat tententu, bahwa bunga kamboja dengan jumlah 4 atau 6 di yakini memiliki kekuatan mistis. Bunga ini sangat cocok ditanam di pinggiran atau pada pojokan pekarangan rumah kalian.

Baca juga: Tanaman buah yang cocok di tanam di pekarangan rumah

6. Petunia

petunia

Petunia terkenal akan bunganya yang berbentuk terompet. Tanaman yang berasal dari Amerika selatan ini memiiki jenis bunga yang beragam. Di antaranya ada yang bewarna merah, ungu, kuning pucat dan putih.

Bila kalian ingin menanam tanaman ini, pastikan pekarangannya memiliki penyinaran yang cukup. Bila kurang cukup bunga tidak bisa mekar. Karena itulah petunia akan mekar secara serempak hanya pada musim kemarau dimana penyinaran terjadi secara maksimal.

7. Melati

melati

Melati selain indah sebagai tanaman hias juga biasa digunakan di berbagai bidang. Seperti campuran pembuatan teh, pewangi parfum, bahan farmasi, bunga tabur, dan rangkaian bunga. Tanaman melati tersebar di seluruh dunia dengan lebih dari 200 spesies.

Dari semua itu, hanya ada 9 spesies yang potensial dibudiyakan sebagai tanaman hias. Diantaranya ada melati putih, melati hutan / melati gambir, melati casablanca, melati australia, melati pot, melati raja, melati primrose dan melati italia.

Demikianlah 7 jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Kesemuanya memiliki karakteristik dan keindahan masing-masing. Bila bisa memadukannya dan merawatnya dengan baik serta punya pekarangan yang memadai, maka tak ada salahnya bila mencoba menanam semuanya sehingga pekarangan akan tampak warna warni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here