Cara Menanam Bunga Mawar di dalam Pot Secara Simple

0
Cara Menanam Bunga Mawar di dalam Pot, Cara menanam bunga mawar sekala besar

Cara menanam bunga mawar di dalam pot, DuaSimpul – Mawar (Rosa canina) merupakan jenis tanaman semak berduri yang memiliki keindahan pada bagian bunganya. Di seluruh dunia, mawar memiliki jumlah spesies lebih dari 100, dari kesemua itu kebanyakan tumbuh pada daerah dingin di bagian belahan bumi utara.

Umumnya mawar memiliki ciri-ciri tumbuh tegak dengan ketinggian antara 1 hingga 4 meter. Namun ada spesies tertentu yang memiliki ketinggian hingga 20 meter walaupun itu sangat sulit untuk ditemui saat ini. Hampir semua spesies mawar memiliki batang berduri dengan daun meruncing beringgit pada tepinya. Bunganya sendiri memiliki 5 daun mahkota dengan warna yang beragam, mulai dari merah muda, putih, biru, kuning, hitam, magenta, serta paduan beberapa warna sekaligus.

Sebenarnya bunga satu ini bukanlah tanaman asli tropis, namun dari daerah iklim dingin dan iklim sedang. Sehingga tanaman akan merontokkan daunnya pada musim gugur dan bersemi kembali di musim semi. Terkecuali untuk spesies yang sudah beradaptasi di daerah tropis seperti kebanyakan mawar di Asia Tenggara, tanaman tersebut akan menghijau terus sepanjang tahun tanpa merontokkan daunnya serta dapat berbunga kapan saja.

Walaupun mawar merupakan tanaman hias dengan berbunga indah dan wangi, ada sebagian orang yang kurang menyukai dalam menjadikannya sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan duri-duri yang dirasa mengganggu keindahan dari mawar tersebut. Padahal duri ini memiliki banyak fungsi, seperti sebagai alat cengkeraman saat melilit tanaman lain, sebagai pelindung dari hewan perusak, pengokoh batang, penahan pasir yang beterbangan, hingga membantu melindungi dari erosi.

Jenis Mawar Hias

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa mawar memiliki lebih dari 100 spesies yang berbeda satu sama lain. Namun dari kesemua itu hanya beberapa puluh jenis saja yang cocok dijadikan sebagai mawar hias atau mawar taman. Berikut beberapa diantaranya:

  • Old garden roses: merupakan jenis mawar spesies lama sebelum ditemukannya jenis hybrid tea, kira-kira ini pada masa sebelum tahun 1867. Walau dari segi umur merupakan mawar tertua, tapi old garden roses memiliki bentuk yang unik serta aroma yang semerbak harum. Beberapa contohnya diantaranya meliputi, alba, moss, china, portland, damask, gallica, centifolia, bourbon, tea, hybrid perpetual, bermuda roses.
  • Modern garden roses: merupakan hasil pengembangan dari old garden roses sehingga dihasilkan varietas baru yang lebih beraneka ragam bentuk dan warnanya. Banyak sekali jenis mawar dari jenis ini, karena dari 1 jenis saja dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan dari ukuran bunga, warna bunga, bentuk bunga, postur batang, dan sebagainya. Akan tetapi secara umum dibagi menjadi 2 kelompok besar, yakni hybrid tea serta floribunda.
  • Buck roses: Profesor Griffith Buck merupakan penemu jenis ini, sehingga dinamakan buck roses. Jenis ini memiliki lebih dari 90 varietas yang memiliki daya adaptasi sangat bagus pada daerah sangat dingin serta memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu.
  • Climbing roses: merupakan mawar pemanjat. Untuk menanamnya butuh sandaran seperti pagar, tembok rumah, tanaman,ajir, ataupun bangunan tertentu. Beberapa contohnya seperti climbing tea, climbing china, climbing bourbon, ayrshire, laevigata, sempervirens, boursault, dan noisette. Jenis ini merupakan yang sering di budidayakan di Indonesia.
  • English roses: mawar dari hasil hibrida dari kelompok old garden roses dengan modern garden roses. Menghasilkan tanaman yang lebih kuat, tahan penyakit, pertumbuhan lebih bagus, berbunga lebih harum, serta mampu berbunga berulang kali.

Cara Menanam Bunga Mawar di dalam Pot

jenis bunga yang cocok ditanam di pekarangan rumah, Cara Menanam Bunga Mawar di dalam Pot

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menanam bunga mawar khusus untuk iklim tropis seperti Indonesia, yakni syarat tumbuh tanaman. Diantaranya adalah:

  1. Ketinggian tempat 500 – 800 mdpl
  2. Penyinaran antara 5 hingga 6 jam / hari
  3. Kelembaban udara 70-80 %
  4. Suhu udara antara 18 sampai 26 celsius
  5. Curah hujan 1500 hingga 3000 mm / tahun

Bila tempat tinggal anda cocok dengan iklim tersebut, maka tanaman mawar akan tumbuh dengan baik tanpa gangguan di semasa pertumbuhannya. Selanjutnya ikuti cara menanam bunga mawar di dalam pot berikut ini:

A. Penyediaan Bibit Mawar

Mawar memiliki 2 cara perkembangbiakan, yakni dengan biji dan stek. Untuk perkembangbiakan dengan biji sangatlah sulit dilakukan. Karena tingkat germinasi sangat rendah. Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah mendapatkan bibit dari tanaman induk.

Pilihlah satu atau beberapa jenis tanaman mawar yang cukup tahan hama dan penyakit serta daya adaptasi terhadap perubahan suhu yang bagus. Lalu stek dan tanam di polybag kecil sekitar ukuran diameter 10 cm. Lalu letakan di tempat teduh tapi tidak basah. Rawat selama minimal 2 minggu hingga akar serabut mulai keluar.

B. Pengolahan Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk tanaman adalah cukup dengan tanah. Kriteria tanah yang bagus berupa tanah liat berpasir, berupa jenis tanah latosol atau tanah andosol. Apabila ingin menambahkan humus atau arang sekam tidak masalah, itu lebih bagus dalam mencukupi kebutuhan unsur hara. Masukan media ke dalam pot yang sudah disediakan, usahakan ukuran pot minimal berdiameter 25 cm. Bagian bawahnya bisa diisi pecahan genteng atau kerikil terlebih dahulu agar air mudah keluar.

Akan lebih baik bila tidak langsung menggunakan media yang baru saja diolah untuk menanam mawar. Biarkan hingga 1 atau 2 minggu terlebih dahulu untuk menghilangkan bakal parasit, hama dan penyakit. Usahakan media tanam selalu lembab sampai ditanami nantinya.

C. Penanam Bunga Mawar

Bila bibit sudah jadi dan media tanam juga sudah disiapkan, selanjutnya tinggal melakukan penanaman. Caranya cukup mudah:

  • Buka plastik polybag bibit tapi pastikan tanah tidak hancur
  • Keruk sedikit bagian tengah media tanam dalam pot
  • Masukan bibit mawar ke dalam pot
  • Tambahkan sedikit media tanam agar pangkal bibit tertutup
  • Tekan perlahan agar struktur media kencang dan tanaman kokoh
  • Siram dengan air secukupnya, lebih baik ditambahkan ZPT
  • Tempatkan ditempat teduh selama 1 – 2 hari
  • Letakan di tempat panas penuh sinar matahari

Baca juga: Ide menanam hidroponik dari bahan bekas

D. Perawatan tanaman

Pemeliharaan atau perawatan tanaman sangat diperlukan guna mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan baik dan sehat. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan adalah penyiraman secara teratur, pemupukan, penyiangan gulma, serta pemotongan cabang mawar yang tidak diinginkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan meliputi pengairan dan pemupukan. Untuk penyiraman harus dilakukan secukupnya, bila tanah belum tampak agak kering, lebih baik tidak perlu disiram. Karena bila kelebihan air berdampak buruk bagi tanaman.

Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK. Bila tidak punya, bisa menggunakan air kompos / pupuk kandang. Pemupukan bisa dilakukan tiap 2 bulan atau saat tanaman terlihat butuh tambahan unsur hara seperti daun yang mulai menguning, dan pertumbuhan yang mulai terhambat. Bila perlu tambahkan juga hormon pertumbuhan dan pembungaan untuk memacu tanaman lebih cepat berbunga.

Demikianlah beberapa cara menanam bunga mawar di dalam pot. Simpel dan dapat dilakukan dengan berbagai bahan yang sederhana. Kalian pun dapat melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here