Cara Budidaya Pakis Sayur di Pekarangan Rumah

0

DuaSimpul – Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa pakis sayur sebenarnya bisa dibudidayakan di sekitar rumah. Memang kebanyakan pakis sayur diambil dari alam liar, namun ternyata tanaman ini bisa kita tanam dengan mudah. Budidaya pakis sayur umumnya dilakukan didaerah lembab tapi tidak terlalu dingin. Karena tanaman ini membutuhkan air yang selalu tercukupi.

Pakis sayur berbeda dengan pakis hias atau yang biasa dipakai sebagai hiasan bunga. Pakis ini memiliki tekstur daun yang lebih lembut, dan memiliki bulu-bulu halus lebih panjang, terutama didaun yang masih muda. Namun ada beberapa jenis pakis dari golongan paku-pakuan lain yang beracun, pastikan anda memilih jenis yang tepat sebelum menggunakannya.

Walau tanaman ini memiliki rasa agak pahit, tapi tetap saja banyak orang yang menyukainya. Bahkan dari segi kesehatan, tanaman ini memiliki berbagai manfaat luar biasa seperti antibiotik, penyembuhan luka, sakit kepala, disentri, demam hingga infeksi pada kulit.

Cara Budidaya Pakis Sayur

Bila anda ingin mencoba menanam pakis sayur, berikut kami berikan beberapa poin pentingnya.

Penyiapan media tanam

Media tanam yang paling sesuai untuk tanaman ini adalah akar pakis cacah kering dengan tambahan pecahan arang kayu, tanah dan sekam bakar dengan perbandingan masing-masing sama. Bila anda tidak memiliki akar pakis kering, bisa juga menggunakan sabut kelapa yang telah disuwir kecil – kecil lalu dicacah kasar. Selanjutnya campur semua media tanam tersebut menjadi satu dan masukan ke dalam pot dengan diameter 25 cm.

Pastikan media tanam selalu lembab tapi tidak boleh sampai terlalu basah hingga menyimpan banyak air. Seperti halnya di habitat aslinya yakni di pinggiran rawa-rawa, sungai maupun tebing tanaman ini memang membutuhkan kondisi yang teduh, lembab dan kecukupan akan air.

Cara tanam pakis sayur

Kita perlu mendapatkan anakan tumbuhan paku satu ini. Bila anda tidak punya, maka bisa membeli di tempat orang yang membudidayakannya, atau bisa juga dengan mencari pakis liar di pinggiran sungai rawa ataupun hutan.

Cara tanam pakis hutan ini pun mudah. Tinggal pisahkan anakan dari indukannya dengan hati-hati agar akar tidak tertinggal. Setelah itu tanam di media yang telah disiapkan. Siram tanaman dan tempatkan ditempat teduh.

Perawatan tanaman pakis sayur

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk tanaman ini. Tidak perlu dipupuk, diberi pestisida dan sebagainya. Anda hanya perlu menjaganya agar tetap lembab dan terjaga dari sinar matahari berlebih. Bisa juga ditanam dibawah paranet agar terhindar dari sinar langsung.

Bila ingin memberikan nutrisi, bisa gunakan pupuk nutrisi yang dilarutkan dalam air ataupun disemprotkan. Contoh nutrisi yang sesuai adalah gandasil D yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk perkembangan tanaman. Pastikan untuk menggunakan dosis yang tepat.

Pakis mudah berkembang biak dengan anakan yang mengelilinginya. Untuk mendukung pertumbuhan tanaman utama tetap bagus, pastikan anakan yang terlalu banyak tersebut dibuang. Akan lebih baik bila dikembangkan lagi di media pot lain.

Panen Pakis Sayur

Usia panen pakis sayur bisa dimulai umur 5-6 minggu sejak tanam. Hanya bagian pucuk dengan daun sejati yang masih belum mekar yang bisa kita ambil untuk dimanfaatkan sebagai sayuran. Jadi satu tanaman hanya bisa panen 1 atau 2 batang saja, tidak lebih.

Maka dari itu, anda membutuhkan banyak tanaman agar bisa menghasilkan panen yang semakin banyak. Untuk waktu panen yang baik adalah sebelum matahari mulai meninggi. Karena saat itu kondisi daun belum mekar dan potensi mengalami layu lebih rendah.

Tertarik untuk mencoba budidaya pakis sayur? Anda bisa mencoba menanam satu atau 2 tanaman dulu di pekarangan rumah. Bila berhasil nanti bisa menjadi ladang usaha yang bagus karena sayuran satu ini masih menjadi primadona dipasaran.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here