Tanaman Buah yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

0
buah-yang-cocok-ditanam-di-pekarangan-rumah
Gambar: Tanaman buah yang cocok ditanam di pekarangan rumah

DuaSimpul, Punya lahan pekarangan nganggur tapi bingung mau dimanfaatkan untuk apa? Tidak ada salahnya ditanami buah-buahan. Selain bisa kita manfaatkan buahnya, tanamannya pun membuat pekarangan lebih sejuk.

Banyak sekali jenis buah yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Baik buah tahunan maupun buah semusim keduanya sangat cocok untuk mengisi lahan pekarangan yang kosong.

Mau tau apa saja jenis-jenisnya? Simak informasi selengkapnya!

Buah yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

buah-yang-cocok-ditanam-di-pekarangan-rumah
Gambar: Tanaman buah yang cocok ditanam di pekarangan rumah

BACA JUGA: 5 Cara Simpel Budidaya Tanaman Buah dalam Pot

Berikut 6 macam buah-buahan yang paling sering ditanam disekitar rumah dengan potensi hasil yang cukup menguntungkan:

Kelengkeng

Kelengkeng (Dimocarpus longan) atau biasa disebut dengan Lengkeng merupakan tanaman buah yang cocok ditanam di dataran tinggi. Namun saat ini sudah banyak varietas lengkeng yang bisa beradaptasi di dataran rendah seperti halnya varietas Diamond River, Ping pong dan Itoh.

Ciri utama tanaman ini adalah pohonnya yang banyak bercabang dan tingginya bahkan bisa mencapai 40 meter. Namun bila anda ingin menanam di lahan sempit seperti pekarangan rumah, maka bisa menggunakan kelengkeng hasil okulasi, sehingga bisa berbuah dengan cepat dan tanaman tidak terlalu tinggi.

Jambu Air

Jambu air merupakan buah yang sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Tanaman yang masuk ke dalam suku Myrtaceae ini sangat cocok ditanam di daerah tropis dataran rendah hingga tinggi. Jambu air membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Beberapa jenis varietas yang sering dibudidayakan di Indonesia antara lain adalah jambu citra, king rose, madu, lilin, cengkih dan maduran. Bila ingin menanam di pekarangan, pastikan untuk memberi jarak yang cukup dengan tanaman lain, karena akar tanaman ini lumayan panjang melebar.

Mangga

Siapa yang tak kenal dengan tanaman satu ini. Selain rasanya yang enak manis, tanaman ini pun digemari oleh semua kalangan. Mangga (Mangifera indica L) lebih cocok ditanam didataran rendah karena menghasilkan buah lebih banyak dan juga memiliki mutu yang lebih bagus.

Anda bisa menanam mangga dipekarangan dengan mengkombinasi beberapa jenis varietas. Misalnya jenis mangga arum manis, manalagi, madu, cengkir, golek dan sebagainya.

Pisang

Pisang merupakan tanaman buah semusim tanpa musiman yang sekali panen. Tapi bukan berarti sekali tanam sekali panen. Karena tanaman ini akan memiliki banyak sekali anakan disekelilingnya. Untuk itu perhatikan lahan anda apakah cukup untuk menampung beberapa tanaman sekaligus saat sudah banyak anakannya nanti.

Tanaman pisang tidak membutuhkan perawatan khusus. Asalkan kebutuhan air tercukupi, terlebih saat sedang berbuah maka tanaman akan tumbuh berkembang dengan baik.

Jenis pisang yang bisa anda budidayakan di pekarangan rumah antara lain pisang raja, kepok, ambon, tanduk, mas, dan pisang nangka.

Jeruk

Dengan rasa asam manis dan memiliki kandungan banyak air jeruk tentunya sangat menyegarkan, terlebih dimakan saat panas terik siang hari.

Jenis jeruk yang sering ditanam jeruk keprok dan jeruk siam. Namun menanam jeruk tidak semudah menanam buah lainnya. Mulai dari kondisi tanah, iklim mikro, hingga perawatan harus dilakukan secara intens.

Terlebih beberapa jenis penyakit seperti CVPD sangat sulit disembuhkan dan bisa menular dengan cepat. Tapi jeruk memiliki potensi hasil panen yang tinggi. Tentunya sebanding dengan perawatannya.

Pepaya

Pepaya cepat panen seperti pepaya california sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Bahkan lahan sempit sekalipun bisa ditanami pepaya satu ini.

Asalkan tanaman mendapat nutrisi yang cukup, sejak tanaman mulai berbuah maka akan berbuah terus sampai tanaman tua. Inilah untungnya menanam pepaya. Namun anda perlu memperhatikan beberapa penyakit terutama fungi yang bisa menyerang pohon dan buahnya.

Itulah 6 buah yang cocok ditanam di pekarangan rumah anda. Dari keenam buah tersebut di atas, tertarik untuk menanam mana?.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here